Saturday, November 22, 2014

Tips merawat ayam di saat pergantian musim

Tips merawat ayam di saat pergantian musim
img by @mugilancur.blogspot.com
Indonesia merupakan negara yang mempunyai dua musim atau iklim yaitu musim kemarau dan musim penghujan, dalam setiap tahun pasti ada yang namanya pergantian musim. Disaat peralihan musim itu ada beberapa hal yang akan terjadi, salah satunya akan berdampak pada hewan ternak, kenapa saya bilang hewan ternak karena biasanya saat peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya virus penyakit akan mudah sekali menyebar terutama lewat udara dan itu bisa menyebabkan hewan seperti ayam bangkok, burung, bebek, enthok dan unggas yang lain bisa rentan terhadap infeksi penyakit. Untuk menanggulangi resiko yang mungkin terjadi pada hewan ternak, kali ini saya akan memberikan beberapa informasi bagaimana merawat ayam di saat pergantian musim, langkah ini sebenarnya simpel serta tidak begitu rumit untuk dilakukan hanya butuh ketelatenan saja, bagi yang ingin menerapkannya pada hewan peliharaan kalian bisa mengikuti cara-cara dibawah ini :

  1. Memberikan air minum dengan kualitas yang bersih.

    Air minum yang bersih merupakan salah satu point penting karena bila air minumnya kotor akan menimbulkan banyak bakteri yang akan mempermudah ayam terserang penyakit.
  2. Memberikan pakan dengan menjaga kualitas serta pola pemberian.

    Disaat pergantian musim atau tidak sebaiknya kualitas pakan harus dengan standar kebersihan yang semestinya karena apabila pakan yang diberikan kurang bersih, bisa saja pakan itu mengandung bakteri atau jamur yang akan mengganggu pencernaan serta bisa memperbanyak resiko ayam terjangkit virus penyakit.
  3. Memberikan Vitamin untuk menambah daya tahan.

    Pemberian vitamin pada ayam di saat pergantian musim akan membuat daya tubuh ayam semakin kuat yang membuat ayam mungkin mempunyai resiko kecil terkena penyakit.
  4. Menjaga Kebersihan kandang serta area disekitarnya.

    Menjaga kebersihan kandang sebenarnya merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk merawat ayam di saat pergantian musim sebab kandang yang kotor mempunyai resiko besar membawa sumber penyakit karena berbagai macam bakteri pasti ada disana. Kebersihan di area kandang juga harus diperhatikan terutama bila ada air yang menggenang itu bisa untuk hidup para jentik nyamuk yang nantinya akan membawa berbagai sumber penyakit.
Demikianlah beberapa cara merawat ayam di saat pergantian musim, semoga sedikit informasi ini bisa berguna serta membantu kalian dalam mengantisipasi penularan penyakit pada ayam, sekian dari saya.


No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri