Tuesday, July 9, 2013

Mengobati pilek pada ayam secara alami

mengobati pilek ayam

Penyakit pilek adalah salah satu penyakit yang sering menyerang ayam, penyakit ini bisa menyerang ayam dewasa maupun yang masih kecil, cara penyebarannya biasanya melalui udara, makanan, dan minuman. Untuk itu jika ada ayam yang terkena penyakit pilek ini sebaiknya segera diasingkan atau dikarantina supaya penyakit ini tidak menyebar ke hewan ternak yang lain. Adapun ciri-ciri ayam yang terkena penyakit pilek adalah sebagai berikut :

  1. Ayam yang terjangkit penyakit ini akan mengeluarkan cairan pada matanya.
  2. Ayam akan terlihat mengantuk dan sayapnya terlihat turun.
  3. Mengeluarkan lendir berwarna kekuningan pada hidungnya.
  4. Ayam akan terlihat bersin, dan selalu ingin mengeluarkan cairan itu dengan menggelengkan kepalanya.
  5. Nafsu makan ayam akan menjadi turun.
 Sebelum ayam kalian terkena penyakit ini sebaiknya dilakukan pencegahan karena jika sudah terkena penyakit ini pastinya akan menimbulkan kerugian untuk kalian, berikut pencegahan yang bisa dilakukan agar penyakit pilek tidak menyerang ayam kalian :

  1. Kebersihan kandang harus selalu terjaga.
  2. Usahakan kandang bisa menerima sinar matahari secara langsung.
  3. Jaga kandang agar selalu kering, sebab jika kandang lembab akan memicu penyakit ini.
  4. Berikan vaksinasi pada ayam secara berkala.
  5. Jangan memelihara ayam disatu kandang dengan umur yang berbeda.
Namun jika ayam kalian ada yang terkena penyakit pilek ini sebaiknya lakukan pengobatan dengan cara seperti dibawah ini, cara ini bisa dikatakan alami karena menggunakan obat tradisional sehingga tidak ada efek samping yang bisa terjadi pada ayam, sebenarnya banyak obat ilmiah yang berada dipasaran untuk menyembuhkan penyakit ini tetapi pasti ada efek samping yang kita tidak ketahui. berikut cara pengobatan penyakit pilek secara alami :

  1. Siapkan Tepung beras sekitar 150gram.
  2. Kencur 100gram yang sudah ditumbuk.
  3. Jahe satu jari tangan yang diparut.
  4. Setelah semua bahan yang  sudah dihaluskan telah siap sekarang waktunya mencampur semua bahan tersebut, lalu dibentuk sebuah pil kecil kemudian dijemur sampai kering.
  5. Setelah pil yang dibuat tadi sudah kering, lalu berikan pada ayam yang terkena penyakit pilek pada pagi dan sore hari.
Itulah sedikit tips dari saya untuk ciri-ciri, mencegah, dan mengobati penyakit pilek pada ayam, semoga bisa berguna untuk kalian semua, saya berharap kalian bisa berkunjung di blog http://ciriayam.blogspot.com ini lagi, sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri