Tuesday, November 18, 2014

Membuat jamu tradisional untuk ayam yang mempunyai banyak khasiat

jamu alami ayam
img by @ayampetarungmaniak.blogspot.com

Jamu tidak hanya untuk kita konsumsi, tetapi jamu juga bisa berguna untuk ayam karena manfaatnya sangat banyak untuk ayam. Bila kalian memelihara ayam baik itu jumlahnya banyak atau sedikit bisa diberi jamu tradisional ini supaya tidak mudah terserang virus atau penyakit. Untuk ayam bangkok aduan sendiri jamu bisa bermanfaat untuk meningkatkan stamina, memulihkan stamina setelah bertarung dan masih banyak lagi manfaatnya. Sebenarnya sekarang sudah ada banyak jamu atau obat-obatan untuk ayam yang diperjual belikan di toko pakan ayam atau yang lainnya, namun pemberian kepada ayam itu sendiri akan bisa memberi dampak atau efek samping yang kita sendiri tidak tahu itu, untuk itu alangkah baiknya bila diberi jamu tradisional untuk ayam yang tidak memiliki efek samping setelah dikonsumsi maupun dihari mendatang.

Berikut ini ada tiga resep membuat jamu tradisional untuk ayam yang bisa kalian buat dengan mudah dan tanpa resiko karena semua bahan yang diperlukan bersifat alami.
  1. Untuk meningkatkan stamina
  2. Stamina ayam merupakan salah satu yang harus dijaga karena bila ayam itu petarung pasti akan selalu membutuhkan stamina yang prima saat akan bertarung. Untuk menjaga stamina itu bisa diberikan Larutan gula merah yang dicampur dengan asam jawa secukupnya dan diberikan sebelum ayam akan diadu.
  3. Untuk ayam siap tarung
  4. Untuk ayam yang mau diadu sebaiknya diberikan jamu ini supaya bisa siap dan ngotot saat bertarung, berikan jamu ini pada sore hari atau 3 hari sebelum akan diadu, berikut rincian jamunya.
    Siapkan bahan seperti jahe 1 ons yang diparut kemudian diambil airnya, 1 butir telur ayam kampung atau bebek, 1 buah jeruk nipis yang diperas lalu diambil airnya, 1 sdm kecap, 1 sendok kopi bubuk hitam, 1 sendok madu tawon, 10 butir merica.
    Setelah semua bahan yang diperlukan sudah siap lalu campurkan semua bahan tersebut kemudian berikan pada ayam yang ingin diadu.
  5. Untuk memulihkan stamina setelah bertarung
  6. Untuk ayam yang selesai diadu pasti staminanya terkuras habis, untuk memulihkan stamina ayam setelah diadu tidak akan bisa cepat namun kalian bisa memberikan jamu ini supaya ayam yang setelah diadu sataminanya bisa pulih dengan cepat. Siapkan madu secukupnya lalu dicampur dengan 1 butir kuning telur itik, lalu diminumkan pada ayam yang sudah selesai diadu.
Demikianlah beberapa resep membuat jamu tradisional untuk ayam, semoga ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian, mohon maaf apabila ada salah kata dalam artikel ini. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri