Monday, November 17, 2014

Mengenal lebih jauh Burung parkit serta habitatnya

mengenal burung parkit dari habitatnya
img by @pixabay.com
Burung parkit atau dalam istilah Internasionalnya dikenal dengan Budgerigar atau parakeet ini berasal dari keluarga Psittacidae atau burung nuri. Burung ini berasal dari Australia yang biasa hidup dialam liar dengan berkelompok yang jumlahnya bisa mencapai ribuan, biasanya burung parkit bisa ditemukan di hutan atau gurun dan membuat sarang diantara lubang pada pohon. Untuk makanan biasanya burung parkit memakan buah-buahan,biji-bijian, sayuran dan sejenisnya, biasanya mereka mencari makanan di area yang terdapat makanan tersebut atau juga dipersawahan. Untuk jenis biji-bijian yang mereka sukai adalah mellet putih, millet merah, jewawut. Lalu untuk buah-buahan yang mereka sukai adalah pir, apel, pisang, melon dan lain sebagainya, sedangkan untuk sayuran biasanya mereka memakan jagung yang masih muda, taoge, brokoli, bayam, wortel dan lain-lain.

Burung parkit bisa dibilang mempunyai kesetiaan yang luar biasa pada pasangannya, hal sederhana yang memperlihatkan kesetiaannya ialah burung parkit jantan selalu menunggu parkit betina saat bertelur, burung parkit juga memiliki tempramen yang liar walaupun sudah dijinakkan sekalipun, agar tempramen dari alam liar bisa dijinakkan mesti diberi makanan secara langsung dari tangan, hal itu akan bisa menjinakkan burung parkit apabila tempramennya kembali bisa mengumpulkan burung parkit tersebut bersama burung parkit yang sudah jinak.

Bila di alam liar biasanya Burung parkit akan memulai reproduksi antara bulan oktober sampai desember hal ini terjadi karena parkit hidup dengan berkelompok, apabila parkit betina bertelur pasti akan dijaga oleh parkit jantan sambil berkicau dan apabila ada hewan lain yang mencoba datang pasti akan diusir oleh parkit jantan. Demikianlah sedikit ulasan tentang burung parkit mulai habitat sampai sifat burung parkit, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dan terima kasih.


No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri