Sunday, November 16, 2014

Mengenal penyakit yang sering menyerang burung Love Bird

macam penyakit burung love bird
@segiempat.com

Burung love bird merupakan salah satu burng kicau yang populer di Indonesia, bukan hanya karena warna bulunya yang cantik namun suaranya juga merdu, karena itulah sekarang banyak orang yang senang memelihara burung love bird entah itu karena hobi atau ingin mendapatkan keuntungan dengan membudidayakannya. Namun ya namanya hewan pasti punya suatu masalah yang bisa menyerangnya yaitu penyakit. Jika kalian ingin atau sudah memelihara lovebird harus memperhatikan beberapa penyakit yang mungkin bisa menyerangnya supaya nantinya kalian bisa tahu harus melakukan penanganan seperti apa jika lovebird kalian terserang penyakit

Berikut ini beberapa penyakit yang mungkin bisa menyerang Burung love bird kalian.
  1.  Gangguan pernafasan
  2. Penyakit ini sering menyerang burung karena infeksi sekunder pada saluran pernafasannya oleh baktteri seperti E.Coli. Jika sudah kronis, penyakit ini sulit untuk disembuhkan dan dalam jangka waktu yang lama burung itu akan mati.
  3. Snot
  4. Penyakit ini bisa menyerang burung karena virus, penyakit ini bisa menyerang muka atau wajah pada burung yang mengakibatkan pembengkakan pada area kepalanya, selain itu tanda-tandanya juga muncul benjolan merah disekitar telinga, mata dan hidung.
  5. Berak kapur
  6. Penyakit ini menyerang pencernaan burung dan sifatnya menular, gejala dari penyakit ini adalah kotoran burung ini akan terlihat cair dan berwarna putih seperti kapur serta nafsu makan menurun.
  7. Cacingan
  8. Penyakit ini biasanya timbul karena terdapat cacing disaluran pencernaan dan juga hati, gejala dari penyakit ini adalah burung tidak bergairah serta berat badan menurun.
  9. Bubul
  10. Penyakit ini menyerang di bagian permukaan kulit terutama kaki, penyebab dari penyakit ini biasanya kandang jarang dibersihkan sehingga menimbulkan banyak bakteri yang menumpuk, gejala dari penyakit ini adalah kakinya membengkak dan apabila tidak segera ditangani akan infeksi dan menimbulkan kematian.
  11. Mencret
  12. Mencret merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurang bersihnya kandang, tempat makan dan minum sehingga bisa menimbulkan cacing yang akan berkembang biak.
  13. Kutu burung
  14. Burung juga sering terserang oleh kutu yang menjadikan proses produksi terganggu. gejalanya burung selalu terlihat gelisah, sering menggigit bulu serta frekuensi suara berkurang.
  15. Virus burung
  16. Bila burung terkena virus maka akan mengakibatkan kelumpuhan pada burung, daya tahan tubuh yang lemah akan mempermudah virus ini menyerang.
Itulah beberapa penyakit yang harus kalian waspadai saat ingin atau memelihara Burung love bird, semoga ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri