Thursday, June 6, 2013

Macam obat tradisional untuk ayam aduan

obat ayam

Dalam usaha beternak atau memeihara ayam aduan pasti tidak jarang masalah kesehatan ayam menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi maju atau tidaknya usaha beternak ayam. Untuk mengatasinya diperlukan suatu langkah yang harus dilakukan dengan cara diberikan obat agar kesehatan ayam tetap terjaga.

Sekarang ini banyak sekali obat-obatan yang bisa mengatasi semua masalah kesehatan ayam yang dijual dipasaran, tetapi obat-obatan itu tidak bisa dijamin keamanannnya karena obat yang dijual itu sudah diolah dan dicampur bahan kimia yang mungkin bisa mendatangkan efek yang buruk bagi tubuh ayam.

Agar rasa kekawatiran kalian mengenai efek obat yang dijual dipasaran bisa teratasi, saya akan sedikit memberikan resep obat tradisional yang bisa kalian berikan pada ayam kalian supaya kesehatannya tetap terjaga, mengapa saya anjurkan memberikan obat tradisional, karena obat tradisional ini selain harganya terjangkau tetapi juga tidak memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh ayam aduan.

  1.  Obat tradisional untuk memulihkan stamina ayam
  2. Seperti yang kita ketahui bahwa ayam yang baru selesai diadu pasti staminanya akan menurun secara drastis, penurunan stamina ini jika tidak segera diatasi akan berdampak buruk bagi kondisi ayam seperti akan mudah terserang penyakit, untuk membantu memulihkan staminanya perlu diberikan madu yang secukupnya serta dicampur dengan 1 butir telur itik kemudian diminumkan.
  3. Obat tradisional untuk meningkatkan stamina ayam
  4. Stamina yang prima merupakan hal yang mutlak yang harus dimiliki ketika ayam akan diadu, untuk itu hal yang harus dilakukan adalah meningkatkan stamina itu agar ayam tidak mudah lelah, untuk meningkatkan stamina perlu diberikan larutan gula merah(gula jawa) yang dicampur dengan asam jawa secukupnya dan diberikan kepada ayam ketika ingin diadu.
  5. Obat tradisional untuk meningkatkan kualitas telur ayam
  6. Kualitas telur yang baik bisa dilihat pada kuning telurnya yang berwarna kuning kemerahan, untuk menghasilkannya diperlukan sejenis tanaman paku air yang bernama azolla, mungkin nama ini agak asing untuk itu kalian bisa mencari tahu di search engine, cara memberikannya yaitu dengan ditambahkannya kedalam pakan ayam.
  7. Obat tradisional untuk meningkatkan gairah kawin ayam
  8. Ayam jago yang lemes dan ogah-ogahan pasti sangat kalian tidak suka, padahal kalian menginginkan keturunan dari ayam jago itu, untuk itu kalian bisa memberikan air perasan jahe yang sebelumnya diparut dan diperas untuk diambil airnya,   pemberian ini bisa dilakukan seminggu sekali.
  9. Obat tradisional untuk meningkatkan nafsu makan ayam
  10. Nafsu makan merupakan hal yang penting untuk tumbuh kembang si ayam, untuk itu bisa diberikan beberapa obat agar nafsu makannya baik dan pertumbuhannya pun sehat, dengan cara pemberian bawang putih yang diiris kemudian dicampur pada pakan ayam.

Cukup sekian artikel dari saya, semoga bisa berguna dan saya berharap kalian bisa berkunjung di blog http://ciriayam.blogspot.com ini lagi, terima kasih.

1 comment:

  1. Mantap gan jamu tradisionalnya, mungkin nanti bisa dicoba untuk ayam saya dirumah mantap. by Tas Ayam Kiso untuk membawa ayam aduan

    ReplyDelete

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri