Friday, June 28, 2013

Daun talas sebagai campuran pakan alternatif

manfaat daun talas

Jika berbicara tentang daun talas pasti kalian semua tidak akan asing lagi, tapi apakah kalian tahu daun yang hidup disekitar persawahan itu bisa dijadikan pakan alternatif untuk ternak kalian salah satunya ayam. Dengan memanfaatkan daun talas ini kita bisa menekan harga pakan yang lumayan tinggi, selain itu daun talas itu juga bisa meningkatkan produktifitas telur karena mempunyai nutrisi yang lumayan tinggi.

Menurut riset, setelah menggunakan daun talas untuk campuran pakan ini bisa membuat pertumbuhan ayam menjadi baik juga meningkatkan kualitas dan produksi yang setara dengan pemberian pakan campuran hasil produksi pabrik. untuk pemanfaatannya dibawah ini ada tata cara pengolahannya.

Untuk mengolah daun talas agar bisa menjadi pakan alternatif ini hal yang harus dipersiapkan adalah daun talas(bisa umbinya) seberat 1kg yang sudah dicincang atau diiris kecil-kecil, 1/2kg beras, dan 1/2 kg dedak atau katul. kemudian campurlah semua bahan tersebut menjadi 1 dan ditanak sampai sampai matang, setelah dingin berikan pakan tersebut pada ayam atau hewan ternak lainnya.

Walaupun daun talas bisa dimanfaatkan sebagai pakan alternatif tetapi ada juga kekurangan yang bisa terjadi, yaitu sulitnya mengadaptasi pemberian pakan pertama kali pada ayam karena mungkin ayam belum terbiasa mengkonsumsi pakan tersebut. tetapi jangan kawatir karena jika kalian paksa atau tidak memberikan pakan lain selain hasil pakan daun talas itu lama kelamaan ayam akan terbiasa memakan pakan itu.

Mungkin cuma itu sedikit tips dari saya semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, saya berharap kalian bisa mampir di blog http://ciriayam.blogspot.com ini lagi, sekian dan terima kasih.

1 comment:

  1. Bagaimana cara mengatasi gatal2 pada talas,apa tidak berbahaya bagi unggas?,

    ReplyDelete

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri