Wednesday, June 26, 2013

Obat tradisional untuk penyakit berak kapur

menyembuhkan berak  kapur

Berak kapur atau pullorum adalah salah satu penyakit yang sering menimpa ayam yang disebabkan oleh bakteri salmonellosis pullorum sehingga menyebabkan infeksi atau peradangan pada saluran pencernaan dan akhirnya terjadi diare, penyakit ini biasanya timbul karena berbagai faktor seperti cuaca yang tidak mendukung serta kotoran ayam yang jarang dibersihkan disekitar kandang.

Perlu diketahui lagi bahwa penyakit berak putih ini termasuk penyakit menular yang bisa menjangkit ayam kecil maupun dewasa, untuk ayam kecil biasanya terjadi pada umur 0 sampai 2 minggu. bahaya yang timbul dari penyakit ini adalah kematian, tak jarang apabila ayam atau unggas yang terkena penyakit ini akan mati dalam dengan jangka waktu yang cepat. untuk ciri-ciri dari penyakit berak kapur ini adalah sebagai berikut :

  1. Kotoran encer dan berwarna putih serta ada juga yang berwarna hijau.
  2. Tubuhnya merunduk serta sayapnya terkulai.
  3. Jenggernya berwarna keabuan.
  4. Matanya sering menutup.
  5. Terjadi kelumpuhan pada kakinya.
Ciri-ciri diatas menggambarkan penyakit berak kapur yang menimpa ayam, untuk mengatasi penyakit itu sebenarnya bisa diberikan obat tradisional yang mudah didapat yaitu Bawang putih yang berperan sebagai antibiotik untuk membasmi bakteri yang berada dalam saluran pencernaan, cara pemberiannya pun bisa terbilang mudah cukup diris kecil kemudian disuapkan pada ayam yang menderita penyakit berak putih, selain mengatasi bawang putih ini juga sebagai obat pencegah, jadi sebelum ayam kalian terjangkit penyakit ini ada baiknya berikan antibiotik alami ini secara berkala.

Cukup sekian sedikit tips mengobati penyakit berak kapur ini, semoga cara ini bisa berguna untuk kalian semua dan saya berharap kalian bisa berkunjung di blog http://ciriayam.blogspot.com ini lagi, sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri