Saturday, June 22, 2013

Cara menyambung bulu ayam yang patah

menyambung bulu ayam

Bulu ayam memang menjadi salah satu tolak ukur pemilihan ayam yang bagus, kadang orang memilih ayam dengan bulu yang bagus karena berharap dari bulu yang bagus itu bisa didapatkan keindahan serta kualitas bertarung yang baik(untuk ayam petarung). namun sebagus-bagusnya bulu kadang tidak menjadi penentu bagus tidaknya ayam.

Walaupun mungkin kalian sudah merawat bulu ayam itu tapi tidak ada jaminannya bulu itu akan tetap indah karena bisa saja bulu itu rusak oleh suatu hal, semisal sedang mabung sehingga bulu itu akan rontok dan proses pertumbuhannya pun lumayan lama, selain mabung banyak hal yang bisa terjadi pada bulu itu seperti patah sehabis di adu/digebrak. hal semacam itu sudah biasa di dunia sabung ayam, namun apabila kalian tidak rela atau untuk istilah jawanya eman-eman karena bulu itu bagus menurut kalian, bisa dilakukan cara penyambungan bulu yang dapat kalian lakukan sendiri.

Dalam teknik menyambung bulu sebenarnya tidak terlalu sulit bahkan untuk orang awam, jika kalian memperhatikan dengan baik langkah-langkah berikut pasti kalian akan bisa, alat dan bahan yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu adalah

  1. Lem power glue
  2. Jarum pentul yang pentulnya sudah dihilangkan
  3. pisau lipat atau cutter
  4. Bulu sambungan yang ukuran dan bentuk harus sama seperti yang akan disambung
  5. Selongsong pangkal bulu yang sudah dipotong dengan panjang sekitar 2cm
Setelah semua bahan kalian dapatkan dan dikumpulkan, sekarang adalah langkah untuk penyambungan bulu
  1. Potong bulu untuk sambungannya, sesuaikan ukuran bulu yang patah pada ayam dan atur agar sesuai dengan bulu yang lain.
  2. Tusukkan ujung jarum ke bulu sambungan yang sudah dipersiapkan kemudian Celupkan ujung jarum pentul kedalam lem power glue, setelah itu tusukkan pada bulu yang patah pada bulu ayam.
  3. Saat penusukan harus di tekan perlahan lahan sampai menyatu.
  4. Beri lem power glue pada sambungan tadi dan pasangkan selongsong pangkal bulu yang sudah dibelah menjadi dua bagian.
  5. Tekan selongsong bulu tadi sampai merekat.
Setelah melihat cara diatas pasti kalian akan bisa, karena langkah ini lumayan mudah bagi saya, sebenarnya ada cara yang lain untuk teknik penyambungan tapi untuk sementara cuma ini teknik penyambungan bulu yang bisa saya berikan.

Terima kasih sudah berkunjung di blog http://ciriayam.blogspot.com ini, semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dan saya berharap kalian bisa berkunjung ke mari lagi.


No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri