Monday, May 6, 2013

Mengobati Cacingan pada Ayam Secara Alami

mengobati cacingan


Penyakit cacingan tidak hanya bisa menyerang manusia, tetapi hewan juga bisa terserang termasuk ayam. penyakit ini sebenarnya tidak begitu nampak, namun lama kelamaan penyakit ini bisa berbahaya untuk kondisi ayam karena cacing yang ada didalam tubuh ayam bisa terus menerus menyerap sebagian nutrisi yang seharusnya untuk ayam.

Kurangnya nutrisi akibat sebagian diambil cacing ini bisa menyebabkan dampak yang buruk, diantaranya : ayam akan terlihat semakin kurus, jadi lebih mudah terserang penyakit, wajah akan nampak pucat dan juga kurang bergairah.

Sebenarnya pemberantasan cacing yang ada didalam tubuh ayam ini bisa dilakukan dengan cara diberi obat kimia untuk cacing seperti combantrin yang bisa didapat diwarung-warung terdekat, meski dalam penggunaannya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat tetapi juga ada efek negatif yang muncul, apalagi jika diberikan dengan dosis yang tinggi, bukannya akan sembuh malah bertambah buruk.

Tetai tenang saja kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana memberantas cacing dalam tubuh ayam secara alami yang tidak ada efek sampingnya. bahan yang digunakan tidak usah banyak-banyak cukup satu saja yaitu buah pinang muda atau jika didaerah saya disebut buah jambe. dengan cara ini tidak akan ada efek samping yang bisa membahayakan si ayam karena ini merupakan pengobatan secara alami.

Berikut ini langkah-langkah pengobatan menggunakan buah pinang muda :

  1. Buah pinang dibelah dan diambil buah yang terdapat didalamnya.
  2. Suapkan pada ayam yang terkena cacingan, untuk dosisnya dewasa 1 biji, remaja 1/2 biji, dan untuk yang kecil 1/4 biji.
  3. Setelah pinang yang diberikan tertelan bisa di beri minum sampai tempat penampung makanannya penuh, dan dipijat-pijat agar buah pinang cepat bereaksi.
  4. Masukkan ayam dalam kandang dan tunggu hingga 5-10 menit, bila ayam benar-benar terkena cacingan akan terlihat saat buang air besar, karena cacing akan keluar dengan air yang sudah diminumkannya tadi.
  5. Setelah cacing bisa dirasa sudah keluar semua, bisa diberi suplemen ayam dan yang alami gula jawa agar kondisi tubuh kembali prima.

Mungkin cuma itu sedikit cara menyembuhkan ayam dari cacingan secara alami, semoga postingan saya ini bisa bermanfaat dan kalian tidak sungkan untuk mengunjungi blog http://ciriayam.blogspot.com ini lagi, sekian dan terima kasih.

2 comments:

  1. cara pemakain obat herbal terhadap ayam adu remaja berapa kali di kasih makan baru di hentikan pengobatannya pak..mohon penjelasannya pak terima kasih

    ReplyDelete

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri