Monday, May 27, 2013

Mengenal ayam arab serta keunggulannya

keunggulan ayam arab

Ayam arab merupakan salah satu jenis ayam petelur yang mempunyai keunggulan bertelur yang tinggi. Sekarang ini banyak peternak yang memelihara ayam ini karena produktifitas telurnya bisa mencapai 190 sampai 250 butir per tahun dengan berat telurnya rata- rata bisa mencapai 40 gram.

Selain produktifitas telurnya yang lumayan tinggi, ayam arab ini juga bisa dikatakan sebagai penghasil daging juga, karena bila dirawat dan diberi pakan yang punya nutrisi baik akan menghasilkan bobot antara 4 sampai 5 ons selama 2 sampai 3 bulan. Namun walaupun begitu daging ayam ini kurang disukai oleh konsumen karena warna dagingnya agak kehitaman dan juga lebih tipis dibandingkan ayam kampung.

Untuk mengenali ayam arab ini tidaklah terlalu sulit, untuk itu ayam arab dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan warna bulunya, yaitu warna gold atau merah dan warna silver atau perak. ciri lainnya yaitu ketika berumur sekitar seminggu ayam yang jantan akan tumbuh jenggernya. Perlu diketahui lagi bahwa ayam arab betina tidak memiliki sifat mengeram, jadi telurnya bisa ditetaskan dalam mesin tetas telur, untuk masa produktif bertelur sekitar 1,5 tahun. untuk lebih jelasnya simak saja beberapa keunggulan dan kelemahan ayam arab berikut.

Keunggulan

  1. Berat telur rata-rata bisa sampai 40gram.
  2. Warna cangkang telurnya bervariasi, yaitu putih kecoklatan dan putih kekuningan.
  3. Harga indukannya lumayan tinggi.
  4. Konsumsi pakanya relatif kecil.
  5. Untuk betina masa bertelurmya panjang.
  6. Harga DOCnya lumayan rendah tapi kadang-kadang tinggi.

Kelemahan

  1. Warna kulit serta dagingnya agak kehitaman dan juga dagingnya yang tipis.
  2. Untuk ayam betinanya tidak memiliki sifat mengeram telur.
  3. Bobot ayam dewasa rendah hanya sekitar 1 sampai 1,2 kg.

Mungkin cuma ini sedikit yang saya bisa sampaikan semoga berguna untuk kalian semua dan jangan lupa mampir ke blog http://ciriayam.blogspot.com ini lagi ya,, salam ayam

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri