Friday, May 17, 2013

Mengatasi sesak nafas burung kenari

mengobati sesak nafas

Sesak nafas memang menjadi salah satu penyakit yang sering menimpa burung kenari, penyebabnya kebanyakan dari keadaan lingkungan yang kurang mendukung, seperti angin kencang, banyak debu, hujan terus terusan, dan juga perubahan cuaca yang ekstrim.

Jika penyakit sesak nafas ini tidak segera ditangani akan berdampak buruk sekali pada burung itu, karena tidak hanya semakin parah bahkan bisa sampai menimbulkan kematian. tapi untuk menangani itu semua saya akan sedikit memberikan tips bagaimana caranya menyembuhkan penyakit sesak nafas pada burung kenari, untuk itu simaklah dibawah ini.

  1. Taruhlah sangkar burung ke tempat atau area yang hangat.
  2. Pada ketiga sisi sangkar ditutup dengan kain atau kertas, agar angin tidak tertiup masuk ke sangkar.
  3. Untuk sedikit meringankan sesak nafas bisa dilakukan dengan menggunakan minyak angin yang sudah dicampur dengan air hangat dan ditaruh di dekat sangkar, agar uangnya yang keluar bisa terhirup dan meringankan pernafasan.
  4. Untuk menghilangkan lendir yang berada di mulut burung bisa menggunakan cotton bud,  pembersihan ini dilakukan agar mengurangi lendir yang berada ditenggorokan.
  5. Untuk menjaga kondisi burung, bisa diberikan suplemen ataupun vitamin yang dicampur dalam makanan ataupun minumannya, untuk suplemennya bisa dicari ditoko pakan burung yang ada di sekitar anda.
  6. Agar cepat sembuh kurangilah menyemprot dan memandikan burung, serta jemurlah si burung setiap pagi pada pukul 8 sampai 10 pagi.
  7. Dan yang terakhir yang tak kalah pentingnya yaitu menjaga kebersihan kandang, supaya virus tidak mudah menyerang burung peliharaan.

Mungkin cuma ini sedikit ulasan mengenai cara menyembuhkan penyakit sesak nafas pada kenari. semoga artikel ini bisa berguna bagi kalian semua dan kalian jangan lupa untuk kembali hadir di blog http://ciriayam.blogspot.com ini lagi.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri