Langkah memelihara ayam Kalkun yang baik

memelihara kalkun

Dalam memelihara ayam kalkun dari awal hal penting yang wajib diperhatikan adalah mengenai bibit, kenapa saya bilang begitu karena bibit yang unggul akan memperlancar proses pemeliharaan. Dalam pembelian ayam kalkun hal yang harus diperhatikan adalah kondisi ayam kalkun yang mau dibeli, jika kalian belum tahu bagaimana melihat ayam kalkun yang sehat dan bebas dari penyakit, kalian bisa mengajak teman atau siapa yang sudah berpengalaman dalam memilih ayam, tapi jika tidak kalian bisa langsung menanyakan pada si penjual ayam apakah ayam ini sehat dan tidak dalam kondisi terjangkit penyakit.

Dalam postingan kali ini saya tidak akan membahas cara memilih ayam kalkun yang baik, tapi bagaimana cara memelihara ayam kalkun supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan tentu saja mendapatkan keuntungan. untuk memelihara ayam kalkun terdapat 4 poin yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Pemilihan lokasi memelihara
  2. Lokasi merupakan salah satu faktor penting dalam pertumbuhan dan kelangsungan hidup ayam kalkun, ada baiknya dalam memilih lokasinya kalian harus memperhatikan hal sekitar seperti sudah aman dari jangkauan manusi, binatang lain dan juga kemungkinan bencana alam, ayam terjamin keamanannya dan yang terpenting nyaman. Selain itu lokasi yang baik adalah lokasi yang disekitarnya bisa dicari makanan tambahan misal saja dekat sungai atau persawahan supaya untuk menekan biaya pakan.
  3. Kandang yang digunakan
  4. Kandang merupakan tempat tinggal sekaligus tempat untuk melindungi peliharaan dari berbagai serangan yang dilakukan oleh siapa saja. Sebisa mungkin buatlah kandang yang pas dengan kondisi dan ukuran ayam kalkun itu sendiri supaya siayam itu merasa aman. untuk penempatan kandangnya usahakan posisinya diarahkan ke arah timur agar sinar matahari di pagi hari bisa masuk ke kandang. untuk perawatannya harus dibersihkan kotorannya secara berkala agar tidak mudah terkena penyakit, untuk alasnya bisa diberi kulit padi yang kasar agar kotoran bisa meresap dan tidak tercecer kemana-mana.
  5. Pemberian Makanan
  6. Dalam memelihara ayam kalkun faktor pakan merupakan yang terpenting, karena pakan ini sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan ayam. Pemberian pakan juga jangan asal, harus disesuaikan dengan kondisi umur ayam, karena untuk ayam kalkun yang dewasa dan anakan mempunyai porsi dan menu yang berbeda karena kemampuan cernanya berbeda. Sebaiknya dalam memberi pakan harus disesuaikan dengan porsi ayam, kalau bisa jangan berlebihan karena jika pakan masih tersisa dan tidak dibersihkan malah akan menjadi penyakit dan dampak buruk untuk ayam kalkun. selain itu air minum harus selalu ada untuk memperlancar proses pencernaan.
  7. Perawatan ayam kalkun
  8. Ayam kalkun yang selalu sehat merupakan dambaan bagi para pemelihara, tapi terkadang hal yang tidak diinginkan selalu datang, contohnya saja jika terkena virus pasti akan merasa sedih dan juga rugi karena ayam yang sudah dipelihara mati. untuk mengantisipasinya harus dilakukan sejak dini yaitu dengan cara vaksinasi secara berkala agar tidak terserang virus. tapi jika kalian malas melakukan vaksinasi bisa diberi obat tradisional seperti bawang putih agar kondisi daya tahn tubuh terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.
Semoga beberapa baris artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, dan saya harap kalian bisa berkunjung di blog http://ciriayam.blogspot.com ini lagi

1 komentar:

  1. Thank's gan .,
    sya jga pnya blog sekirany membantu silahkan di knjungi ya..

    ReplyDelete

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri

Statistik Blog

Followers

Labels