Friday, May 17, 2013

Bahaya dan penanganan penyakit gumboro

menyembuhkan gumboro

Penyakit gumboro adalah penyakit pada ayam yang biasanya terjadi pada usia 3 sampai 4 minggu, penyakit ini sering muncul waktu peralihan musim, apalagi pada saat lingkungan dan cuaca yang berubah-ubah pasti akan ada banyak kemungkinan penyakit ini menyerang ayam.

Jika kalian menjumpai penyakit ini sebaiknya cepatlah ditangani untuk menghindari kerugian yang tinggi akibat kematian, berikut bahaya penyakit gumboro yang menyerang ayam.

  1. Laju pertumbuhan pada anakan ayam kurang optimal.
  2. Pencapaian berat badan akan terlambat.
  3. Ayam akan lebih rentan terhadap agen infeksi virus.
  4. FCR nya menjadi lebih tinggi.

Untuk menangani penyakit gumboro ini harus dilakukan sejak awal, yaitu yang pertama dimulai dari pemilihan doc atau anak ayam yang benar-benar sehat, untuk memilihnya dapat dilakukan pada pembelian bibit di penetasan telur yang terpercaya karena untuk melihat bagus tidaknya bibit ayam dilihat mulai dari telur hingga menetas.

Yang kedua dilihat dari kualitas pakan, ayam yang sehat itu harus diberi pakan yang mengandung kadar nutrisi seimbang dan juga kadar mikotoksin karena kadar mikotoksin ini akan berpengaruh pada sistem imunisasi dan juga pertumbuhan ayam. untuk mendapatkan kadar mikotoksin yang tinggi dapat dilakukan dengan pengeringan pakan hingga mencapai kadar air yang rendah, penyimpanan di tempat kering dan juga penambahan anti jamur.

Yang ketiga manajemen pemeliharaan yang baik bisa dilakukan dengan cara menciptakan kondisi dan juga tempat yang nyaman untuk ayam. kenyamanan itu bisa diciptakan dari kebutuhan oksigen yang terpenuhi, meminimal pencemaran gas amonia, terjaminnya pakan dan minuman yang bersih sepanjang hari.

yang terakhir ini adalah program kesehatan, bisa dilakukan dengan pemberian vaksin secara berkala pada anakan ayam, pemberian vaksin ini dapat meminimalisir berbagai virus yang kemungkinan menyerang, seperti penyakit gumboro itu tadi.

Penyakit ataupun virus itu bisa datang secara tiba-tiba tanpa kita bisa perkiraan, untuk itu dalam pemeliharaan unggas khususnya ayam mulailah dengan awal yang baik, karena dari awal yang baik itu akan menghasilkan hasil yang baik pula, sekian sedikit ulasan dari saya semoga artikel ini bisa berguna untuk kalian, dan juga jangan lupa untuk berkunjung ke blog http://ciriayam.blogspot.com ini lagi.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri