Wednesday, July 3, 2013

Enceng gondok untuk campuran pakan ayam

enceng gondok untuk ayam

Enceng gondok adalah tanaman air yang biasanya hidup didaerah sungai, danau, rawa dan lain-lain. Mungkin sebagian dari kita menganggap tanaman enceng gondok ini sebagai tanaman hama, namun tidak bagi para peternak ayam dan lainnya karena tumbuhan ini bisa diolah sebagai bahan campuran makanan hewan ternak mereka.

Dalam pencampuran enceng gondok dalam pakan ayam ini selain bisa menekan biaya pakan juga memiliki gizi yang tak kalah banyak dari pakan ynag dijual dipasaran. Jika dibandingkan dengan tanaman air lainnya enceng gondok ini merupakan tanaman yang populasinya/penyebarannya sangat cepat dengan kurun waktu yang singkat sehingga banyak orang yang sering memusnahkan tanaman ini sebelum menyebar kemana-mana.

Dari banyaknya manfaat enceng gondok salah satunya senagai campuran pakan ayam adalah sebagai berikut:

  1. Pada daunnya terdapat kalsium tinggi yang baik untuk pertumbuhan ayam.
  2. Kandungan karoten dalam daun lebih tinggi yang menghasilkan protein tinggi untuk pengganti bekatul.
  3. Terdapat provitamin A yang berfungsi untuk menambah warna kuning telur.
  4. Dalam enceng gondok terdapat 40 % protein kasar, dan sisanya protein murni yang setara dengan susu dan kedelai.
Cara pencampuran pada pakan aya pun bisa terbilang mudah, daun enceng gondok yang masih segar dicincang dan dicampur dengan pakan utama seperti dedak dll. Agar semua sumber nutrisi dalam enceng gondok tidak hilang saya sarankan untuk diberikan pas masih segar, apabila sudah layu/kering kandungan nutrisinya akan hilang dan itu percuma jika diberikan pada ayam karena tidak akan  ada dampak dan manfaatnya.

Itulah sedikit tips dari saya, semoga bisa bermanfaat dan juga bisa untuk referensi kalian semua, jangan lupa berkunjung ke blog http://ciriayam.blogspot.com ini lagi, sekian dan juga terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri