Sunday, July 28, 2013

Menentukan kandang yang baik untuk tinggal ayam

membuat kandang ayam bagus

Kandang ayam merupakan sarana yang harus diperhatikan tingkat kenyamanannya untuk ayam sebab ayam yang hidup dengan kandang yang nyaman, bersih, longgar akan terhindar dari rasa stres, sebaliknya jika ayam itu tinggal dalam kandang yang kurang nyaman, kotor, sempit, ayam itu akan mudah stres, jika ayam itu stres akan gampang terjangkit virus selain itu bagi ayam betina akan mengurangi jumlah produksi telur.

Sebenarnya kandang ayam tidak harus bagus tetapi yaitu tadi kebersihan dan kenyamananlah yang harus ada dalam kandang itu, dalam membuat kandang kadang seseorang tidak memikirkan hal-hal penting yang bisa membuat ayam itu tidak betah, untuk itu sebelum kalian membuat kandang ayam harus memperhatikan beberapa hal berikut.
  1. Penentuan lokasi harus benar-benar difikirkan, setidaknya mempunyai jarak sekurangnya 5 m dari rumah/pemukiman.
  2. Usahakan disekitar kandang harus ada pagar atau pohon supaya angin tidak langsung masuk dalam kandang.
  3. Pilih pada tempat yang agak tinggi agar air tidak menggenang saat hujan.
  4. Depan kandang sebaiknya mengarah ke timur,supaya di pagi hari kandang bisa tersinari panas matahari.
  5. Jangan arahkan kandang dengan arah angin, karena biasanya angin akan membawa virus lewat udara.
  6. Atap sebuah kandang harus benar-benar tertutup, agar apabila hujan airnya tidak masuk kedalam kandang yang mengakibatkan ayam kedinginan.
  7. Untuk kandang bok, setidaknya mempunyai kaki 50cm.
  8. Pada kaki bok ada baiknya dilapisi batu atau apa terserah, supaya kaki bok tidak cepat lapuk.
  9. Kandang harus memiliki sirkulasi udara yang baik.
Setelah semua elemen diatas terpenuhi sekarang yang harus kalian lakukan ialah merawat kandang tersebut supaya tidak mudah rusak dan lapuk, karena jika kandang itu cepat rusak maka akan semakin membebani biaya pengeluaran, langkah perawatan itu bisa dengan membersihkan kandang secara berkala agar kotoran ayam itu tidak menembel sehingga menimbulkan bau dan juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit baik untuk ayam itu sendiri maupun orang disekitarnya.

Itulah beberapa tips menentukan letak kandang ayam yang tepat, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, dan terima kasih karena kalian sudah berkunjung di blog http://ciriayam.blogspot.com ini.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri