Tips merawat ayam yang sedang mabung

merawat ayam mabung

Ayam mabung atau ganti bulu adalah proses perontokan bulu ayam secara alami, hal ini terjadi mungkin karena usia bulu yang sudah lama sehingga akar bulu tidak merekat kuat yang berakibat rontoknya bulu itu.

Proses rontoknya bulu itu terjadi mungkin sekitar satu tahun sekali, dan terjadi pada semua ayam terutama ayam jago. ayam yang sedang mabung memiliki fisik yang lemah sehingga tidak dianjurkan untuk diadu saat mabung.

Untuk merawat ayam yang sedang mabung ada beberapa langkah yang baik agar si ayam cepat pulih fisik dan staminanya, simaklah tips dibawah ini.

Pertama Pisahkan ayam yang sedang mabung dengan ayam yang lain, bisa dikurung dalam bok sampai bulu baru sudah agak panjang setelah itu bisa mulai dimandikan dan dijemur. dalam proses penjemuran ayam mabung ini harus dalam keadaan sendiri, jangan sampai dicampur dengan ayam babon karena akan memakan bulu rebung yang mau tumbuh.

Dalam hal makanan usahakan diberi pakan voer 594 basah, karena voer ini mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk mempercepat tumbuhnya bulu baru.

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengembalikan fisiknya, karena ayam setelah mabung mempunyai postur tubuh yang agak gemuk karena lemak dalam tubuh masih mengumpul dan untuk mengatasinya dengan cara latihan fisik, diumbar, dijemur.

Setelah beberapa langkah itu sudah dilakukan ayam itu sudah siap jika mau di gebrak/diadu karena fisik mungkin sudah mulai kembali.

Semoga artikel sedikit dari saya ini bisa berguna untuk kalian, sebelumnya saya mengucapkan terimakasih karena sudah berkunjung di blog http://ciriayam.blogspot.com ini.

0 Komentar untuk "Tips merawat ayam yang sedang mabung "

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri