Wednesday, February 13, 2013

Langkah Awal Beternak Ayam

langkah beternak ayam

Bagi sebagian orang mungkin usaha beternak ayam ini di anggap remeh, tetapi itu sebenarnya persepsi yang salah karena semua usaha itu akan menjanjikan jika dilakukan dengan serius, tidak mudah menyerah, tidak putus asa dan juga di barengi dengan doa insyaallah itu akan membuahkan hasil yang maksimal.

Usaha ayam ini bisa dibilang gampang-gampang susah, kenapa saya bilang seperti itu karena gampangnya ayam mudah sekali berkembang biak jadi ayam bisa cepat bertambah banyak, susahnya itu jika salah satu ayam terkena virus dan menularnya itu sangat cepat dan bisa mengakibatkan kerugian, tapi itu semua akan berjalan mulus jika kita tahu tata cara dan langkah awal untuk memulainya.

  1. Hal yang harus dipersiapkan pertama kali adalah kandang, siapkanlah kandang dan harus punya jarak dengan runah untuk mengantisipasi datangnya virus. kandang harus dalam keadaan bersih jika perlu disterilkan dulu beberapa hari.
  2. Carilah bibit ayam yang sehat, cara mengetahuinya adalah dengan cara melihatnya jika si ayam lincah, berlari-larian itu tandanya sehat, tapi jika ayamnya cenderung diam dan matanya kelihatan mengantuk itu tanda ayam tidak sehat. jika ingin memelihara denagn porsi agak lumayan pilihlah ayam yang seumuran supaya kalau nanti dicampur tidak saling berkelahi.
  3. Berikan makanan dengan porsi gizi yang pas seperti protein, lemak, karbohidrat dsb. gizi itu biasanya terdapat dalam makanan ayam seperti Pur,Br dll bisa ditanyakan di tempat penjualan ayam. dan juga pemberian makan harus teratur pagi dan sore untuk siang di beri makanan ringan saja seperti hijau-hijauan agar tidak boros pakan.
  4. Berikan minuman yang cukup, cara ini juga penting usahakan disetiap kandang diberi minum yang cukup supaya makanan yang dimakan bisa dicerna dengan baik sehingga proses pertumbuhan bisa berjalan dengan baik. o iya jangan lupa minuman tersebut diberi vitamin seperti vitachick agar ayam tidak gampang terserang virus.
  5. Jika dirasa sudah cukup dewasa saya sarankan untuk langsung menjualnya karena jika ditampung berlama-lama bahkan sampai bertelur itu akan membuat rugi saja karena akan menghabiskan banyak pakan.

Mungkin cuma itu sedikit tips bagi anda jika ingin beternak ayam, semoga artikel ini bisa berguna dan bisa menjadi referensi untuk anda, sebelumnya saya mengucapkan terimakasih karena sudah berkunjung di blog http://ciriayam.blogspot.com ini. dan saya harap anda tidak segan-segan untuk mampir ke sini lagi.

1 comment:

  1. wahh...lumayan ini,dapat info soal pternakan ayam..
    nice share..

    ReplyDelete

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri