Saturday, March 30, 2013

Tips Percepat Pertumbuhan Ayam

mempercepat pertumbuhan
Mempercepat pertumbuhan ayam adalah hal yang sering dilakukan oleh peternak ayam terutama peternak ayam pedaging karena semakin cepat ayam itu tumbuh akan semakin sedikit pula beban konsumsi untuk ayam tersebut, dalam proses mempercepat pertumbuhan ayam itu harus dilakukan dengan langkah dan proses yang benar supaya hasilnya juga maksimal.

Sebenarnya mempercepat pertumbuhan ini tidak harus dilakukan karena secara logis ayam akan bertumbuh menjadi besar dengan sendirinya tapi dengan kurung waktu yang lumayan lama, dan disini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara mempercepat pertumbuhan ayam.

  1. Pilihlah bibit ayam yang unggul, saya sarankan pilih ayam super karena ayam super pertumbuhannya lebih cepat dan bentuk tubuhnya bisa lebih besar ketimbang ayam kampung biasa.
  2. Buatlah kandang dengan sistem umbaran dan beralaskan tanah agar ayam bisa bergerak bebas, dan berilah tangkringan dari kayu supaya ayam bisa nangkring dan bisa melatih ototnya.
  3. Selanjutnya setelah langkah diatas terpenuhi sekarang ini adalah hal yang terpenting untuk memacu pertumbuhan ayan yaitu mengenai ransum. ransum yang baik untuk mempercepat pertumbuhan harus mempunyai kadar protein yang tinggi seperti Br atau pur, keong, yuyu , atau tepung ikan. dan dalam pemberiannya pun harus dilakukan dengan rumus takaran agar hasilnya juga maksimal, berikut rumus pemberian pakan ayam yang bisa dilakukan.

  •  Pada umur 1-25 hari berilah 100% br karena dalam masa ini adalah masa petumbuham yang baik untuk ayam, jangan lupa diberi lampu penerangan agar tetap hangat dan diberi air minum.
  • Pada umur 26-2bl bisa diberi 30% br, 30% jagung halus, 40 % dedak padi, dan dalam proses ini lampu penerangan bisa dikurangi dengan hanya pada malam saja, siangnya bisa dimatikan agar ayam tidak kepanasan.
  • dan pada umur 2 bulan keatas bisa di beri 20% br, 30% jagung, 40% dedak padi, 10% sayuran tambahan     agar bisa sedikit menghemat pakan, sayuran itu seperti daun pepaya, singkong, lengko, dan temu ireng. cara pemberian pakan sayur ini dengan diiris-iris atau bisa juga direbus itu sesuai selera anda.

Sebenarnya langkah diatas bisa anda modif sendiri agar beban pakan tidak terlalu besar, dan dalam proses percepatan pembesaran ini ada juga dampak negatifnya untuk ayam, yaitu mengenai kualitas daging yang berbeda dengan ayam umbaran.

Nah cuma ini sedikit tips dari saya, semoga bisa berguna untuk anda dan saya harap kalian tidak bosan untuk berkunjung di http://ciriayam.blogspot.com ini lagi.

5 comments:

  1. sayuran yang bagus untuk ayam apa gan??

    ReplyDelete
  2. daun pepaya gan.buat daya tahan tubuh.trus temu ireng buat penambah nafsu makan.

    ReplyDelete
  3. gan minta tolong nich......gimana cara buat pakan ayam dan cara pengolahannya? masih pemula gan........... thanx

    ReplyDelete
  4. kalo saya engga pake lampu mas pake kain aja jadi kandang saya yang penting bisa kena sinar matahri udah cukup dan kandang yang cukup luas kalo saya make poor murni 1-4 bulan 4-6 ada poor yang khusus yaitu poor tulang kalo sayuran apaan penggantinya tepung susu sama vitamin vitachik

    ReplyDelete

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri