Monday, March 4, 2013

Gejala dan penanganan penyakit Snot atau coryza ayam

menyembuhkan snot

Salah satu penyebab kematian ayam adalah karena adanya virus dari sebagian banyak virus ayam ada yang berbahaya sebab bisa menyerang semua umur ayam, terutama pada anak ayam. menurut hasil yang ditemukan penyakit ini banyak ditemukan di daerah tropis tepatnya pada saat pergantian musim.

Jadi anda harus berhati-hati jika bermukim didaerah tropis dan juga memelihara ayam, karena mayoritas angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini adalah 30%. dan apabila anda belum tahu tentang penyakit ataupun gejalanya bisa dilihat dibawah ini mengenai gejalanya.

Gejala penyakit Snot atau coryza pada ayam

  1. Mengeluarkan cairan pada mata.
  2. Ayam terlihat mengantuk dan sayapnya menggantung ke bawah.
  3. Keluar lendir dari hidung, warnanya kuning kentak dan baunya khas
  4. Terdapat kerak dihidung.
  5. Ayam mengorok dan sulit bernafas.
  6. Nafsu makan ayam berkurang.

Daftar diatas adalah gejala yang timbul akibat penyakit ini, dan bila ayam anda juga mengalami gejala serupa jangan kawatir dulu karena saya juga akan memberikan sedikit informasi bagaimana menanggulangi penyakit ini.

Penyakit snot ini bisa diobati dengan diberi prefarat sulfat misalnya sulfadimethoxine atau sulfathiazole. pemberian sulfat ini juga bisa dikombinasikan dengan tetrasiklin dan dapat deberikan melalui dicampur dengan air minumnya atau juga bisa dengan disuntikkan secara intramuskular. sebelumnya hati-hati mempergunakan obat ini, jika diberikan pada ayam petelur bisa mengkontaminasi telur dan kualitas kerabang telur.

Nah mungkin ini sedikit tips dari saya, semoga bisa berguna bagi kalian. sebelumnya saya mengucapkan terimakasih karena sudah mengunjungi blog http://ciriayam.blogspot.com ini, saya berharap kalian tidak sungkan untuk sekedar mampir lagi ke sini.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri