Cara mudah mengatasi penyakit bubul pada ayam

menyembuhkan bubul ayam

Selamat pagi semua, di pagi yang cerah ini ciriayam akan membahas salah satu penyakit yang sering ditemukan pada ayam yaitu Bubul. apakah kalian sudah tahu atau pernah mendengar tentang penyakit pada ayam ini? jika kalian penghobi ayam pastinya sudah tahu tentang penyakit ini, jika belum ciri ayam akan sedikit mengulas tentang penyakit ini. penyakit bubul ini menyerang pada organ tubuh ayam dibagian telapak kaki dan mengakibatkan ayam berjalan tidak normal atau pincang, penyakit ini timbul karena luka pada kaki dan menyebabkan terinfeksi bakteri, biasanya penyakit ini timbul pada ayam berusia antara 6 bulan sampai 3 tahun.

Dan pada kesempatan kali ini ciriayam akan sedikit memberikan tips bagaimana mengatasi penyakit bubul yang belum parah dan juga sudah parah atau sudah besar dan mengeras, untuk itu bacalah tips di bawah berikut ini.

  1. Jika penyakit bubul ini belum terlalu parah atau masih kecil bisa diatasi dengan mensterilkan luka yaitu membersihkan lukanya dari kotoran yang menempel dan memberi alas kandang yang empuk agar penyakit ini tidak bertambah parah. setelah itu bisa diberikan balsem setiap hari pada kaki ayam yang terkena bubul itu, jika lukanya sudah mengecil bisa di berikan obat penyakit kutil colomac dan diplester agar kotoran tidak menempel.
  2. Yang kedua ini bisa dilakukan apabila penyakit bubul ini sudah parah atau besar, tipsnya ini sederhana caranya siapkan paku yang seukuran dengan benjolan bubul itu kemudian panaskan sampai panas dan tempelkan pada benjolan bubul itu, ingat hanya pada area penyakit yang terkena bubul jangan sampai mengenai kulit lain apalagi yang terkena penyakit itu. hentikan penempelan sampai si ayam berontak kesakitan dan ulangi lagi 3 sampai 4 kali setelah itu diumbar pada alas yang empuk, cara ini bisa dilakukan sampai seminggu dan hasilnya bubul ini akan mengecil dan ayam akan berjalan normal atau tidak pincang.

Nah itu adalah sedikit tips untuk penyakit bubul, bagaimana sudah pahamkan kalian dengan tips diatas? jika sudah kalian bisa langsung mempraktekkan pada ayam kalian. sebelumnya saya mengucapkan terima kasih karena sudah berkunjung di blog http://ciriayam.blogspot.com ini, semoga sedikit tips ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kalian semua.

0 komentar:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri

Statistik Blog

Followers

Labels