Friday, April 19, 2013

Gejala dan Pencegahan Penyakit Tetelo

penyakit tetelo


Penyakit tetelo atau juga sering disebut penyakit samper ayam atau juga pes cekak merupakan penyakit pada ayam yang terjadi karena suatu infeksi viral yang mengakibatkan gangguan pada saraf pernafasan. penyakit ini biasanya terjadi disebabkan oleh virus paramyxo.

Penyakit tetelo ini sering ditakuti oleh para peternak ayam karena penyakit ini bisa menular dalam jangka waktu yang singkat, biasanya dalam kurun waktu 3 sampai 4 hari penyakit ini akan menular ke seluruh ternak, penularan ini bisa terjadi melalui udara, peralatan, baju, sepatu, dan burung liar yang ada disekitar.

Walaupun penularan penyakit ini bisa melalui udara tetapi jangkauan wilayahnya tidak terlalu luas dan biasanya virus ini tidak akan bertahan lebih dari 30 hari pada area yang sudah dinyatakan terjangkit virus ini, bila diantara kalian belum tahu mengenai penyakit tetelo atau newcastle disease ini saya akan sedikit memberikan gambaran untuk mengenali dan memberikan penanganannya.

Gejala pada ayam yang terkena penyakit tetelo :

  1. Excessive mucous di bagian trakea.
  2. Pada gangguan pernafasan biasanya mulai batuk, bersin-bersin, ngorok, dan juga nafasnya ngap-ngapan.
  3. Dilihat dari badannya ayam terlihat lesu.
  4. Nafsu makan terlihat menurun.
  5. Bila yang terkena ayam betina, produktifitas telur menurun.
  6. Kotorannya terlihat encer dan berwarna hijau.
  7. Kornea mata terlihat keruh, jenggernya berwarna biru, sayap menurun, dan jika sudah parah akan terjadi kelumpuhan saraf yang mengakibatkan kejang-kejang dan leher terpuntir.
Pencegahan agar ayam terhindar dari penyakit tetelo :

  1. Memelihara kebersihan kandang, dan kandang harus mendapatkan sinar atahari yang cukup.
  2. Langsung memisahkan bila ada ayam yang terlihat mempunyai penyakit ini, agar tidak menular.
  3. Diberikan jamu-jamu tradisional seperti kunyit, bawang, jahe, dll secara berkala agar kekuatan dan kekebalan tubuh ayam terjaga.

Penanggulangan apabila ayam sudah terkena penyakit tetelo ini :

  1. Mengkarantina ayam yang sudah positif terjangkit penyakit ini agar tidak menular, dan bila dirasa sudah terlalu parah lebih baik dimusnahkan saja.
  2. Memberikan vaksin untuk memberikan kekebalan. pada hari pertama bisa diberikan vaksin tetes mata kemudian pada hari kedua vaksin disuntikkan pada intramuskuler otot dada.

Mungkin cuma ini saja bagaimana mengenali gejala, pencegahan, dan penanggulangan penyakit tetelo ini, bila dirasa kalian belum faham bisa berkomentar untuk menanyakannya. saya berharap postingan ini bisa bermanfaat bagi kalian dan kalian juga mau berkunjung di blog http://ciriayam.blogspot.com ini lagi, sekian dan terimaksih.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri