Monday, April 20, 2015

Tips agar produktifitas telur ayam kampung meningkat

Tips agar produktifitas telur ayam kampung meningkat

Tips agar produktifitas telur ayam kampung meningkat - Budidaya ayam kampung memang menjadi salah satu usaha yang banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia dari dulu hingga sekarang. Walaupun mungkin terbilang biasa namun usaha ini bisa meraup omset yang lumayan lho, terbukti banyak masyarakat yang sukses dengan usaha ini. Pada dasarnya ayam kampung dibudidayakan untuk diambil daging dan telurnya, sebenarnya diantara keduanya tersebut sama-sama menjanjikan sebab konsumsi akan daging dan telur tersebut selalu mengalami peningkatan, namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara meningkatkan produktifitas telur ayam kampung, seperti yang kita ketahui bahwa sistem pemeliharaan ayam kampung terdapat dua cara, yang pertama diumbar dan yang kedua dikurung, nah pada cara yang pertama itu kebanyakan produktifitas telur kurang masksimal sebab mereka mencari pakan sendiri dan dalam pakan yang mereka konsumsi pastinya kurang akan nutrisi, berbeda dengan ayam yang dikurung karena pakan yang akan dikonsumsi pastinya bisa diawasi secara langsung dari segi kandungan nutrisinya.

Pada dasarnya telur tersusun atas protein dan cangkangnya sebagian tersusun atas mineral dan kalsium sehingga ransum pakan yang akan diberikan pada pakan harus memenuhi kandungan tersebut agar produktifitas telurnya meningkat. Sumber protein yang dibutuhkan bisa didapatkan dengan mencampurkan bahan-bahan seperti tepung ikan, bungkil kedelai dan yang lainnya, untuk kalsiumnya bisa didapatkan dengan menambahkan tepung tulang dan tepung ikan namun untuk lebih praktisnya mineral bisa dibeli di poultryshop dengan harga sekitar 5000/kg. Dari kebutuhan mineral tersebut hanya perlu 1 % dari berat tubuh ayam yang diperlukan, sedangkan proteinnya bisa diberikan sebesar 10 % dari berat badannya, jumlah protein yang diberikan jauh lebih banyak sebab seperti yang sudah saya bilang sebelumnya bahwa telur tesusun oleh protein jadi pemberian protein tersebut akan membantu dalam meningkatkan produktifitas telur.

Selain komposisi pakan yang diberikan, jumlah ayam dalam satu kandang juga berpengaruh sebab jika ada banyak ayam yang dicampur menjadi satu dalam kandang akan mengurangi produktifitas telur sebab, jadi sebaiknya kandang yang digunakan untuk memelihara ayam kampung disekat kemudian dalam sekat tersebut di dipelihara ayam sebanyak 5 ekor ayam betina dan 1 ekor ayam jantan. Bila sudah menerapkan komposisi pakan yang akan diberikan pada ayam secara baik dan menyesuaikan jumlah ayam dalam satu kandang tentunya produktifitas telur akan meningkat dan itu harus dilakukan secara bertahap dan kontinue agar hasilnya dapat maksimal.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa diberikan, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi atau peluang usaha peternakan ayam, sekian dari saya dan terima kasih.


3 comments:

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri