Saturday, September 14, 2013

Keunikan burung kutilang

keunikan dari kutilang

Burung kutilang atau dalam bahasa latinnya Pycnonotus aurigaster adalah salah satu burung kicau yang memiliki daerah penyebaran di antaranya tiongkok selatan, asia bagian tenggara kecuali malaysia. Di Indonesia sendiri daerah penyebarannya meliputi jawa dan bali, namun dalam kurun waktu belum lama ini burung kutilang sudah mulai diperkenalkan di daerah sumatra dan juga sulawesi.

Burung kutilang ini mempunyai panjang tubuh rata-rata sekitar 20 cm, burung ini bisa ditemukan dihabitat dengan ketinggian mencapai 1.600 m dari permukaan laut, itu sebabnya burung kutilang ini mudah dijumpai tidak hanya di tempat-tempat sepi saja tapi juga sering dijumpai di perkebunan, persawahan, bahkan diperkotaan juga kerap ada burung kutilang liar yang sering terlihat.

Biasanya burung kutilang dapat terlihat dengan beberapa kelompoknya, baik itu sejenis atau pun berbeda jenisnya. Untuk makanannya sendiri burung kutilang ini suka sekali dengan makanan yang berlunak seperti buah-buahan misalnya pisang, pepaya dan sebagainya, namun tidak jarang juga burung kutilang sering memakan serangga kecil.

Dari semua hal tentang burung kutilang ada satu keunikan yang terjadi pada burung kutilang ini yaitu pada suatau masa burung kutilang ini akan mengalami masa rontoknya bulu atau sering disebut dengan mabung. Pada saat burung kutilang mengalami masa ini akan jarang sekali bergerak atau hanya lebih banyak diam, itulah yang menjadikan burung kutilang mempunyai keunikan.

Mungkin untuk saat ini dalam hal harga burung kutilang tidak seperti burung yang lain semisal kenari, love bird dll, tapi tidak jarang orang yang memelihara burung ini karena juga memiliki suara kicau yang lumayan selain itu perawatannya pun bisa dibilang mudah dari burung yang lain.

Itulah sedikit gambaran dan keunikan dari burung kutilang, bila anda tidak mempunyai kesibukan bisa mencoba memelihara burung yang satu ini, lumayanlah buat mengisi waktu. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih karena kalian sudah berkunjung di blog http://ciriayam.blogspot.com ini, semoga artikel ini bisa berguna untuk kalian semua.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri