Saturday, April 25, 2015

Tips merawat ayam aduan sebelum berlaga

Tips merawat ayam aduan sebelum berlaga

Tips merawat ayam aduan sebelum berlaga - Bagi para pecinta ayam terutama ayam aduan pasti memiliki caranya masing-masing untuk melakukan perawatan terhadap ayam mereka, salah satu perawatan yang tidak boleh terlewatkan adalah sebelum ayam tersebut berlaga, perawatan ini dilakukan agar ayam yang akan berlaga tersebut dalam kondisinya tetap bagus sehingga pada saat diadu staminanya bisa terjaga. Mungkin setiap orang memiliki cara tersendiri bagaimana agar ayam tersebut selalu dalam kondisi fit baik sebelum ataupun sesudah berlaga. Bila saat bertarung ayam dalam kondisi fit pastinya ada kesempatan bagi ayam untuk mengerahkan seluruh kemampuannya dalam pertarungan agar menang, berbeda dengan aya yang kondisinya kurang baik saat laga akan dimulai, selain ayam tidak bisa mengeluarkan seluruh kemampuannya pasti ayam tersebut mentalnya sudah jatuh duluan sehingga ayam tersebut akan kalah dalam pertarungan, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips merawat ayam aduan.

Sebenarnya untuk melakukan perawatan terhadap ayam itu tidaklah susah karena bila sudah menjadi kebiasaan pasti keadaan itu akan terasa mudah, apalagi bila sudah menjadi hobi pasti apapun yang dikerjakan akan terasa senang tanpa lelah. Mungkin ada banyak dari kalian yang sudah tahu tips merawat ayam aduan ini, namun bagi kalian yang belum tahu bagaimana caranya bisa melihatnya dibawah ini dan yang perlu kalian tahu bahwa cara perawatan ini tidaklah sulit jadi bagi kalian yang belum tahu pasti tidak akan merasa kesulitan dalam melakukan perawatan terhadap ayam, nah untuk lebih jelasnya bisa dilihat dibawah ini.

  • Hal pertama yang harus dilakukan ialah memandikannya dan juga menjemurnya antara jam 9 sampai jam 12 siang dengan waktu penjemuran sekitar 1 jam.
  • Di sore hari ayam bisa diumbar ataupun dilepas bebeas dengan waktu secukupnya saja.
  • Disaat ayam sudah selesai diumbar lalu bisa dimasukkan dalam kandang lagi.
  • Untuk urusan pakan biasanya ayam cukup diberikan pakan seperti biasanya namun untuk tambahan bisa diberikan 1 butir telur dan jika memungkinkan telur itu adalah telur itik, pemberian telur ini bisa untuk menjaga kondisi ayam.
  • Untuk obat yang menunjang sih bisa diberikan B Kompleks seminggu 2 kali sebanyak 2 butir setiap pemberiannya setelah ayam makan sore.
  • Pemberian telur dan obat tadi bisa dihentikan 3 hari sebelum ayam ingin diadu.
Nah itulah sedikit informasi tentang tips merawat ayam aduan, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, terutama yang sedang mencari informasi tentang ayam aduan atau informasi peternakan lain, sekian dari saya dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Jangan melakukan spam, karena itu cuma akan merugikan blog anda sendiri